BERITA

Unila Menandatangani Kerjasama Program Mobilitas Internasional dengan Universitas Teknologi Troyes di Perancis

103
×

Unila Menandatangani Kerjasama Program Mobilitas Internasional dengan Universitas Teknologi Troyes di Perancis

Sebarkan artikel ini
Unila Teken Kerjasama Program Internasional Mobiliti Dengan Universitas Teknologi Troyes Perancis
Unila Teken Kerjasama Program Internasional Mobiliti Dengan Universitas Teknologi Troyes Perancis

Media90 – Pada Senin, 10 Juni 2024, Universitas Lampung (Unila) telah menandatangani kerjasama atau memorandum of undertaking (MoU) dengan University of Technology Troyes (UTT) Perancis.

Acara penandatanganan MoU dilakukan di UTT Troyes, Perancis, dengan kehadiran tim Unila yang dipimpin langsung oleh Rektor Unila.

MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor UTT dan Rektor Unila, yang diwakili oleh Vice President for International Relations, Prof. Gilles Lorendel dari UTT, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Anna Gustina Zainal, M.Si dari Unila.

Selain penandatanganan MoU, acara tersebut juga mencakup presentasi tentang UTT dan kunjungan ke berbagai fasilitas riset yang ada di UTT.

Delegasi Unila terdiri dari beberapa perwakilan, termasuk Dekan FMIPA, Ketua Jurusan Sosiologi Fisip, dan beberapa dosen dari berbagai fakultas.

Baca Juga:  Tragedi di Jalinsum Tajimalela: Pasangan Suami Istri Asal Way Muli Lampung Selatan Tewas Ditabrak Truk Saat Hendak Mengajar

Delegasi Unila diberikan penjelasan mendalam tentang program-program yang ditawarkan oleh UTT, termasuk program interdisipliner di Unit Director of Interdisciplinary Research on Society Technology Environment Interaction (InSyTE).

Mereka juga mengunjungi fasilitas riset nanoteknologi di Laboratorium Light, Nanomaterials and Nanotechnology (L2N).

Kerjasama antara Unila dan UTT telah dimulai sejak kunjungan tim Unila pada even Joint Working Group (JWG) di Velencien, Prancis, tahun sebelumnya.

Komunikasi terus dilanjutkan untuk mengembangkan kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk mobilitas mahasiswa dan dosen, kolaborasi penelitian, dan publikasi bersama.

“Kerjasama ini akan melibatkan beberapa fakultas Unila karena di UTT terdapat kajian interdisiplin yang luas,” kata Dr. Heri Satria, M.Si, selaku komunikator dalam kerjasama Unila dengan UTT.

Baca Juga:  Pria Tergiur Tunggakan Koperasi, Mengamuk dengan Kayu: Korban Berujung Dirawat di RSUD Pringsewu

Ruang lingkup kerjasama mencakup mobilitas mahasiswa inbound dan outbound, mobilitas dosen, kolaborasi penelitian, dan publikasi bersama.

UTT juga menawarkan berbagai peluang bagi mahasiswa Unila, termasuk program short course, program magang di perusahaan-perusahaan di Perancis, dan kesempatan untuk dosen muda Unila mengikuti program doktoral dengan skema beasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, menjelaskan bahwa fasilitas yang dimiliki UTT sangat mendukung bagi dosen Unila yang ingin mengejar program doktoral.

UTT adalah anggota European University of Technology (EUT+) dan memiliki peringkat QS WUR 451-500 pada tahun 2021.

Salah satu keunggulan UTT yang menarik adalah waktu tunggu lulusan yang singkat untuk mendapatkan pekerjaan, hanya tiga minggu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *