BERITA

Tidak Tahu Mau Kuliah di Mana? Simak 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung!

5
×

Tidak Tahu Mau Kuliah di Mana? Simak 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung!

Sebarkan artikel ini
Bingung Lanjutkan Pendidikan, ini Rekomendasi 10 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terbaik di Lampung
Bingung Lanjutkan Pendidikan, ini Rekomendasi 10 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terbaik di Lampung

Media90 – Masih bingung untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Berikut adalah 10 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Lampung yang bisa dijadikan rekomendasi.

Kesepuluh kampus ini telah masuk dalam 100 besar peringkat nasional versi Webometrics 2024, lembaga pemeringkatan universitas di seluruh dunia.

Selain Webometrics, terdapat juga QS World dan 4ICU, di mana masing-masing memiliki indikator penilaian yang berbeda.

1. Universitas Lampung (Unila)

Universitas Lampung (Unila) merupakan universitas negeri paling populer dan favorit di Lampung, terletak di Jalan Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung.

Unila masuk dalam 29 besar universitas terbaik se-Indonesia dan telah meraih akreditasi unggul.

Terdapat berbagai jurusan yang bisa dipilih, seperti ilmu sosial, politik, teknik, kedokteran, dan lainnya, dengan kisaran uang kuliah tunggal (UKT) Rp5-10 juta per semester. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.unila.ac.id.

2. Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Institut Teknologi Sumatera (Itera) adalah institusi teknologi pertama dan terbesar di Pulau Sumatera.

Baca Juga:  Gelora Sekampung: Konser Kampanye Prabowo-Gibran Membuat Gebrakan di Lampung Timur

Meskipun baru berdiri pada tahun 2014, Itera terus berupaya meningkatkan fasilitas untuk mendukung prestasi akademik.

Beralamat di Jalan Terusan Ryacudu, Way Huwi, Jati Agung, Lampung Selatan, Itera telah mendapatkan akreditasi B dan memiliki tiga jurusan: Teknologi Infrastruktur, Sains, dan Teknologi Produksi dengan kisaran UKT Rp3,5 juta per semester. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.itera.ac.id.

3. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL)

UIN RIL adalah universitas Islam yang berada di bawah Kementerian Agama, berlokasi di Jalan Letkol Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung. UIN RIL menduduki urutan 73 dalam pemeringkatan perguruan tinggi negeri di Webometrics dan telah berakreditasi unggul.

Selain fakultas dakwah, fakultas syariah, dan tarbiyah, UIN RIL juga menawarkan dua fakultas baru: sains dan psikologi, dengan kisaran UKT mulai dari Rp1,8 juta per semester.

Baca Juga:  PKS Mencalonkan Lima Nama Berpengalaman untuk Pilkada di Bandar Lampung, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, dan Pringsewu

4. Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang

Kampus ini cocok bagi yang berminat di bidang kesehatan, terletak di Jalan Bypass Soekarno Hatta, Hajimena, Natar, Lampung Selatan.

Poltekkes Tanjungkarang telah terakreditasi B dan menawarkan delapan jurusan, termasuk keperawatan, kebidanan, dan farmasi, dengan kisaran UKT mulai dari Rp3,8 juta per semester.

5. Politeknik Negeri Lampung (Polinela)

Polinela, beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Rajabasa Raya, Bandar Lampung, adalah pilihan tepat untuk yang ingin menjadi ahli madya dan sarjana terapan.

Dengan akreditasi B, Polinela menawarkan lima jurusan, termasuk Budidaya Tanaman Pangan dan Teknologi, dengan kisaran UKT mulai dari Rp1,5 juta per semester. Info lebih lanjut di www.polinela.ac.id.

6. Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya

IIB Darmajaya merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Lampung dengan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI). Berlokasi di Jalan ZA. Pagar Alam No.93, Gedong Meneng, kampus ini memiliki program kuliah double degree dan sedang merintis kelas internasional.

Dengan akreditasi B, terdapat tiga fakultas yang ditawarkan dengan kisaran UKT mulai dari Rp3,7 juta per semester. Lebih lanjut di www.darmajaya.ac.id.

Baca Juga:  Inovasi dan Teknologi Unila: Arah Baru Menuju Kemajuan Berkelanjutan Melalui Seminar Nasional EEA 2023

7. Universitas Teknokrat Indonesia (UTI)

Universitas Teknokrat Indonesia, beralamat di Jalan ZA. Pagar Alam No.9-11, Kedaton, Bandar Lampung, dikenal sering menorehkan prestasi di bidang sains dan teknologi.

UTI telah terakreditasi B dan menawarkan kisaran UKT mulai dari Rp5 juta per semester. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.teknokrat.ac.id.

8. Universitas Malahayati

Universitas Malahayati, yang terletak di Jalan Pramuka, Kemiling Permai, memiliki rumah sakit di wilayah kampusnya, memudahkan mahasiswa kedokteran untuk berpraktek.

Kampus ini sudah terakreditasi B dengan enam fakultas, termasuk kedokteran dan hukum, dengan kisaran UKT mulai dari Rp3 juta per semester. Info lebih lanjut di www.malahayati.ac.id.

9. Universitas Bandar Lampung (UBL)

UBL tetap menjadi rekomendasi meskipun merupakan perguruan tinggi swasta. Berlokasi di Jalan ZA. Pagar Alam No.26, kampus ini sudah terakreditasi B dan memiliki kisaran UKT mulai dari Rp4 juta per semester. Lebih lengkapnya dapat dilihat di www.ubl.ac.id.

10. Universitas Muhammadiyah Lampung

Universitas Muhammadiyah Lampung adalah kampus milik organisasi Islam terbesar di Indonesia yang sudah terakreditasi B. Berlokasi di Jalan ZA. Pagar Alam, kampus ini juga bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.uml.ac.id.

Dengan beragam pilihan perguruan tinggi yang berkualitas, semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan kampus yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di Lampung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *