BERITA

Tanggapi Kekeringan Akibat Musim Kemarau, Damkarmat Lampung Selatan Distribusikan Air Bersih untuk Warga Candimas Natar

20
×

Tanggapi Kekeringan Akibat Musim Kemarau, Damkarmat Lampung Selatan Distribusikan Air Bersih untuk Warga Candimas Natar

Sebarkan artikel ini
Respon Kekeringan Karena Kemarau, Damkarmat Lampung Selatan Salurkan Air Bersih ke Warga Candimas Natar
Respon Kekeringan Karena Kemarau, Damkarmat Lampung Selatan Salurkan Air Bersih ke Warga Candimas Natar

Media90 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Candimas, Natar, pada Sabtu, 21 September 2024.

Langkah ini diambil sebagai respon terhadap kesulitan yang dialami warga dalam mendapatkan air bersih akibat kemarau berkepanjangan yang melanda beberapa wilayah di Lampung Selatan.

Dinas Damkarmat menurunkan satu unit kendaraan pemadam kebakaran dengan kapasitas 4.000 liter air bersih untuk membantu memenuhi kebutuhan warga di lokasi.

Ketua RT 20 A Candimas, Rasman, mengungkapkan bahwa kesulitan mendapatkan air bersih telah dirasakan oleh warganya selama lima tahun terakhir. Penyebabnya adalah kondisi cuaca yang tidak menentu dan rendahnya intensitas hujan.

Baca Juga:  Tersingkap! Susunan Kabinet Indonesia Emas di Bawah Kepemimpinan Prabowo-Gibran Setelah Kemenangan Telak dalam Pilpres 2024

“Selama kurang lebih lima tahun ini, khususnya 50 warga kami di RT 20 A, Dusun Candimas II, mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih,” ungkap Rasman.

Sebagai upaya mengatasi masalah ini, warga telah melakukan swadaya dengan membuat tampungan air dari sumber mata air Belik, namun hasilnya kurang maksimal.

Debit air yang dihasilkan sangat kecil, dengan kapasitas tampungan hanya mencapai 1 meter kubik, yang jelas tidak mencukupi kebutuhan air warga.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan perhatian penuh dari Pemkab Lampung Selatan yang telah menyalurkan air bersih kepada kami,” tambah Rasman.

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga, terutama di RT 20 A Dusun Candimas II, Desa Candimas.

Dengan adanya bantuan air bersih ini, diharapkan kesulitan yang dialami warga dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari dapat berkurang, memberikan sedikit kelegaan di tengah kondisi kemarau yang berkepanjangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *