BERITA

Prof. Anuar, Satu-satunya Wakil PTS Sumbagsel di Pelatihan Teknis Reviewer Penelitian Kemdikbudristek RI

15
×

Prof. Anuar, Satu-satunya Wakil PTS Sumbagsel di Pelatihan Teknis Reviewer Penelitian Kemdikbudristek RI

Sebarkan artikel ini
Prof. Anuar Satu-satunya Wakil PTS se Sumbagsel Ikuti Pelatihan Teknis Reviewer Penelitian Kemdikbudristek RI
Prof. Anuar Satu-satunya Wakil PTS se Sumbagsel Ikuti Pelatihan Teknis Reviewer Penelitian Kemdikbudristek RI

Media90 – Guru Besar Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si, dengan bangga menjadi satu-satunya perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) dalam Pelatihan Teknis Reviewer Penelitian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI.

Pelatihan ini berlangsung secara daring dari tanggal 5 hingga 10 Agustus 2024 dan diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemdikbudristek RI, bekerja sama dengan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Ditjen Diktiristek.

Dalam pelatihan ini, 80 reviewer dari berbagai perguruan tinggi, termasuk UI, ITB, UGM, dan kampus-kampus terkemuka lainnya, dibagi menjadi dua angkatan, masing-masing berjumlah 40 peserta.

Keikutsertaan Prof. Anuar tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai akademisi yang kompeten, tetapi juga menunjukkan pengakuan atas kapabilitas IIB Darmajaya dalam mendukung kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca Juga:  Menggapai Pertengahan H-4 Idulfitri 2024: Polda Lampung Catat 50% Pemudik Sumatera Kembali ke Jawa Melalui Tiga Pelabuhan

“Ini merupakan kesempatan berharga untuk meningkatkan kapasitas sebagai reviewer. Saya berharap ilmu yang didapat dapat diterapkan untuk mendorong kualitas penelitian di Indonesia, khususnya di IIB Darmajaya,” ujar Prof. Anuar, sebagaimana dikutip dari situs resmi kampus, https://darmajaya.ac.id.

Menurut Prof. Anuar, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi para reviewer, terutama dalam menilai proposal penelitian secara objektif dan berbasis bukti.

Materi yang disampaikan mencakup etika reviewer, manajemen risiko, penyamaan persepsi, substansi penelitian, dan berbagai topik lainnya yang krusial dalam proses penilaian.

Lebih lanjut, Prof. Anuar menekankan pentingnya kolaborasi antar reviewer dari berbagai institusi untuk membuka peluang kerjasama penelitian yang lebih luas di masa depan.

Baca Juga:  Way Sulan Fair Lampung Selatan: 871 Peserta Meriahkan Acara 12-15 Juni 2024

“Dengan pelatihan ini, diharapkan para reviewer dapat memberikan penilaian yang lebih berkualitas, mendukung terciptanya penelitian inovatif, serta membawa manfaat nyata bagi masyarakat,” tambahnya.

Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., memberikan apresiasi yang tinggi atas keterlibatan Prof. Anuar sebagai satu-satunya perwakilan dari PTS se-Sumbagsel dalam pelatihan tersebut.

Beliau berharap semangat dan dedikasi Prof. Anuar dapat menjadi teladan dan mendorong peningkatan kualitas penelitian di IIB Darmajaya, sehingga kampus ini mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Hal ini menjadi inspirasi bagi dosen-dosen lain di IIB Darmajaya untuk terus meningkatkan kualitas diri dan berkontribusi lebih dalam dunia penelitian dan pengabdian masyarakat,” ungkap Rektor Abdul Aziz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *