BERITA

Prestasi Membanggakan! Teknik Mesin UBL Jadi Prodi PTS Pertama di Sumatera dengan Akreditasi Unggul

29
×

Prestasi Membanggakan! Teknik Mesin UBL Jadi Prodi PTS Pertama di Sumatera dengan Akreditasi Unggul

Sebarkan artikel ini
Selamat! Teknik Mesin UBL Jadi Prodi PTS Pertama di Sumatera Raih Akreditasi Unggul
Selamat! Teknik Mesin UBL Jadi Prodi PTS Pertama di Sumatera Raih Akreditasi Unggul

Media90 – Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan menambah daftar program studi (prodi) yang terakreditasi Unggul, yakni prodi Teknik Mesin untuk jenjang Sarjana (S1).

Akreditasi ini resmi diperoleh setelah Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik) Persatuan Insinyur Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 0454/SK/Lam Teknik/AS/VIII/2024, yang ditetapkan di Jakarta dan berlaku mulai 21 Agustus 2024 hingga 21 Agustus 2029.

Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA, menyambut dengan penuh syukur pencapaian ini dan mengapresiasi prodi Teknik Mesin atas keberhasilannya meraih akreditasi dengan peringkat tertinggi dari LAM Teknik.

“Alhamdulillah, saya ucapkan selamat dan sukses kepada prodi Teknik Mesin yang telah meraih akreditasi UNGGUL sesuai harapan seluruh sivitas akademika UBL. Penetapan akreditasi ini merupakan pengakuan atas kualitas mutu layanan pendidikan yang diberikan oleh prodi Teknik Mesin UBL,” ungkap Prof. Yusuf Barusman pada Rabu (21/8/2024).

Baca Juga:  UBL Bersinergi dengan UCLG ASPAC dan Universite Gustave Eiffel Prancis untuk Mengatasi Pemanasan Global dan Banjir di Bandar Lampung

Prof. Yusuf menjelaskan bahwa proses untuk meraih akreditasi dengan peringkat UNGGUL ini bukanlah hal yang mudah.

Prodi harus memenuhi dan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) serta rencana strategis yang berorientasi pada daya saing internasional.

“Selain itu, akreditasi ini juga mengukur kualitas luaran publikasi penelitian dosen dan mahasiswa di jurnal internasional bereputasi, sarana prasarana yang memadai, serta kurikulum berstandar internasional,” ujarnya melalui wawancara via WhatsApp.

Prof. Yusuf juga mengucapkan terima kasih kepada tim akreditasi prodi dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam proses ini.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Dekan Fakultas Teknik, Ketua Prodi Teknik Mesin, para dosen, alumni, pengguna alumni, dan semua pihak yang telah bekerja keras sehingga kita bisa memperoleh peringkat Akreditasi Unggul. Semoga ini menjadi berkah bagi peningkatan sumber daya manusia di bidang Teknik Mesin, khususnya di Lampung,” tutupnya.

Pencapaian akreditasi tertinggi ini menjadikan prodi Teknik Mesin UBL sebagai yang pertama dan satu-satunya di antara perguruan tinggi swasta di Sumatera yang berhasil meraih akreditasi Unggul, sebuah prestasi yang semakin mengukuhkan UBL sebagai institusi pendidikan tinggi berkualitas di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *