BERITA

Pekon Kiluan Tanggamus Raih Posisi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

0
×

Pekon Kiluan Tanggamus Raih Posisi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Sebarkan artikel ini
Pekon Kiluan Tanggamus Masuk 50 Besar Nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 Kemenparekraf
Pekon Kiluan Tanggamus Masuk 50 Besar Nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 Kemenparekraf

Media90 – Pekon Kiluan Negeri di Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, berhasil masuk dalam 50 besar nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Ajang ini memberikan penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Proses Seleksi dan Penilaian

ADWI 2024 diikuti oleh 6.016 desa wisata dari seluruh Indonesia.

Setelah melalui tahap penilaian dan seleksi yang cukup panjang, ADWI 2024 telah memasuki babak akhir kurasi.

Dengan penilaian objektif oleh dewan juri, ADWI 2024 kini telah mengumumkan 50 besar desa wisata yang terbagi dalam empat klasifikasi: Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Mandiri.

Baca Juga:  Keluhan Warga Tentang Elpiji 3 Kg Kurang, DPRD dan Pemkab Pesisir Barat Akan Periksa SPBE dan Pangkalan

Pekon Kiluan Negeri termasuk dalam kategori Desa Wisata Berkembang.

Tema dan Fokus ADWI 2024

Tema yang diusung dalam penilaian ADWI 2024 adalah “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia,” dengan fokus pada pengembangan desa wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Penilaian langsung di Pekon Kiluan Negeri dilakukan pada 30 Juli 2024 oleh tim juri yang kompeten di bidangnya.

Poin Penilaian

Beberapa poin penilaian meliputi daya tarik, amenitas, digitalisasi, SDM dan kelembagaan, serta resiliensi.

Pada 31 Juli 2024, akan dilakukan kunjungan ke Desa Wisata Kiluan Negeri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), dengan mengundang Pj. Gubernur dan Forkopimda Lampung, serta Pj. Bupati dan Forkopimda Tanggamus.

Baca Juga:  Pelatihan Laboratorium IIB Darmajaya Diikuti oleh Puluhan Pelajar SMA/K dari Provinsi Lampung

Ucapan Syukur dan Harapan

Camat Kelumbayan, Derius Putrawan, mengucapkan syukur atas pencapaian tersebut dan mengapresiasi Kemenparekraf yang telah mempercayai Pekon Kiluan Negeri untuk masuk dalam 50 besar ADWI 2024.

“Kami juga berterima kasih kepada Dinas Parekraf Lampung, OPD Pemkab Tanggamus, dan semua pihak yang telah membantu dalam hal pembenahan maupun bantuan persiapan lomba, sehingga Pekon Kiluan Negeri mampu mengikuti ajang lomba ADWI 2024 ini,” kata Derius Putrawan pada Rabu (31/7/2024).

Derius berharap, dengan adanya ADWI, akan meningkatkan pembangunan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Pekon Kiluan Negeri dan Tanggamus secara umum.

Pj. Sekretaris Daerah Tanggamus, Suaidi, juga mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini.

Baca Juga:  Remaja Pura-Pura Beli, Kabur dengan HP dari Konter Mar Cell di Bumi Sari, Lampung Selatan

“Semoga dengan keberhasilan ini bisa lebih memajukan desa wisata yang ada di Tanggamus, sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung dan bisa dicontoh oleh kecamatan lain di Tanggamus,” ungkap Suaidi.

Kehadiran Tokoh dan Tim Juri

Hadir dalam acara tersebut Pj. Sekretaris Daerah Ir. Suaidi, para kepala perangkat daerah, Camat Kelumbayan Derius Putrawan, Kepala Pekon Kiluan Negeri Malmun, tokoh adat, dan masyarakat.

Tim juri ADWI 2024 juga turut hadir, di antaranya Madeleine Shopie, Ketua Bidang Humas Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), dan Ketua Forum Ekowisata Jawa Timur, Agus Wiyono.

Dengan masuknya Pekon Kiluan Negeri ke dalam 50 besar ADWI 2024, diharapkan desa ini dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi desa wisata lainnya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *