BERITA

Meningkatkan Efisiensi Aparatur Negara, Mahasiswa Darmajaya Kembangkan Platform Kemiling.com

51
×

Meningkatkan Efisiensi Aparatur Negara, Mahasiswa Darmajaya Kembangkan Platform Kemiling.com

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kinerja Aparatur Negara, Mahasiswa Darmajaya Bangun Sistem Kemiling.com
Tingkatkan Kinerja Aparatur Negara, Mahasiswa Darmajaya Bangun Sistem Kemiling.com

Media90 – Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menyelenggarakan pelatihan Tata Kelola Manajemen kepada aparatur kelurahan, Karang Taruna, dan pelaku usaha UMKM di Aula Kelurahan Beringin Jaya pada Sabtu, (20/7/2024).

Pelatihan ini merupakan bagian dari implementasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diperoleh mahasiswa IIB Darmajaya dengan judul proposal “Sistem KEMILING.COM dalam Membangun Kepariwisataan Kearifan Lokal di Bandarlampung”. Materi pelatihan disampaikan oleh Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M.

PPK Ormawa IIB Darmajaya terdiri dari kolaborasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMA TI), Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMA MA), dan Himpunan Mahasiswa Sains Data.

“Dari sistem yang akan dibangun dengan aparatur dan semua unsur di Kemiling diharapkan dapat menggali potensi maksimal,” ujar Iqbal Ardiansyah selaku Ketua PPK Ormawa IIB Darmajaya.

Baca Juga:  Antisipasi Nataru: Lonjakan Harga Bahan Pangan Menyusul di Bandar Lampung

Dalam kesempatan tersebut, Yan Aditiya Pratama menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan aparatur kelurahan, Karang Taruna, dan pelaku UMKM dalam menggali potensi di Kemiling bersama mahasiswa IIB Darmajaya.

“Peranan semua pihak yakni aparatur, karang taruna, akademisi (mahasiswa), pelaku usaha, dan media menjadi satu untuk membangun sistem Kemiling.com,” ungkap Yan.

Yan Aditiya juga menambahkan bahwa dengan tata kelola yang baik, pembangunan sistem Kemiling.com akan berjalan dengan baik.

“Sehingga setiap kelurahan nantinya akan memiliki akses untuk menunjukkan gambaran dari potensinya di Kemiling.com,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yan Aditiya menjelaskan bahwa Tata Kelola Manajemen yang baik didasarkan pada prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, dan kesetaraan.

“Ketika akan menyampaikan ke masyarakat, mahasiswa tidak dapat langsung tetapi melalui perwakilan dengan sinergi. Sehingga tepat dari maksud dan tujuan yang ingin disampaikan dalam membangun Sistem Kemiling.com,” imbuhnya.

Baca Juga:  Perolehan Izin Eksklusif: IIB Darmajaya Menggelar RPL sebagai Perguruan Tinggi Terkemuka di Bandar Lampung

Salah satu perwakilan dari kelurahan menyatakan kesiapannya untuk menyampaikan program dalam membangun Sistem Kemiling.com.

“Kami ingin agar terdapat buku panduan dan materi-materi pendukung untuk menyampaikannya ke masyarakat, terutama pihak-pihak yang akan terlibat agar program ini komprehensif dan aplikatif,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., menyatakan kesiapannya untuk memenuhi permintaan dari aparatur kelurahan tersebut.

“Kami akan menyiapkan draftnya untuk dapat digunakan oleh setiap perwakilan kelurahan maupun Karang Taruna,” ucap Hendra.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas aparatur kelurahan, Karang Taruna, dan pelaku UMKM dalam mengelola potensi lokal dan memaksimalkan penggunaan Sistem Kemiling.com demi memajukan pariwisata berbasis kearifan lokal di Bandarlampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *