BERITA

Komitmen Pemkab Tulangbawang Barat: Memastikan Sukses Kirab Pemilu Menuju Pesta Demokrasi 2024

128
×

Komitmen Pemkab Tulangbawang Barat: Memastikan Sukses Kirab Pemilu Menuju Pesta Demokrasi 2024

Sebarkan artikel ini
Komitmen Pemkab Tulangbawang Barat Memastikan Sukses Kirab Pemilu Menuju Pesta Demokrasi 2024
Komitmen Pemkab Tulangbawang Barat Memastikan Sukses Kirab Pemilu Menuju Pesta Demokrasi 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dengan menggelar Kirab Pemilu.

Acara nasional ini dihadiri oleh 18 bendera partai politik yang tiba di Komplek Islamic Center Tulangbawang Barat, menandai menyongsong satu tahun menuju peringatan pelaksanaan Pemilu serentak yang akan datang.

Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat, M. Firsada, menyampaikan bahwa Kirab Pemilu memiliki peranan strategis dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dengan penuh sukacita.

Pemilu, sebagai pesta demokrasi seluruh rakyat, memiliki peranan penting dalam menentukan nasib bangsa.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga komitmen bersama agar Pemilu berjalan sukses, aman, dan damai.

“Pemilu adalah tanggung jawab konstitusional bersama, dan dukungan penuh dari seluruh masyarakat, termasuk peserta Pemilu, sangatlah penting,” ujar M. Firsada.

Lebih lanjut, M. Firsada menegaskan bahwa Pemilu seharusnya menjadi sarana untuk membangun Indonesia, bukan untuk menyebarkan hoaks, kampanye negatif, dan ujaran kebencian di ruang-ruang publik.

Supremasi hukum harus dijunjung tinggi dan seluruh mekanisme yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan harus diikuti dengan taat.

“Mari kedepankan gagasan, rekam jejak, integritas, dan kapasitas dalam menentukan pilihan, jauhkan dari praktik politik uang, politik identitas, dan intimidasi,” imbuh M. Firsada.

Sementara itu, Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Lampung, Ali Sidik, memberikan informasi mengenai rute Kirab Pemilu 2024 di Pulau Sumatera.

Kegiatan ini akan melewati dua titik rute, yaitu dimulai dari Riau dan diserahterimakan ke KPU Tulangbawang Barat setelah melewati KPU Mesuji.

Rute kedua bermula dari Provinsi Aceh dan akan diterima penyerahannya oleh KPU Tulangbawang Barat dari Bengkulu pada bulan September 2023.

Rute estafet ini akan berlanjut ke enam kabupaten di Lampung sebelum akhirnya bendera tersebut diserahkan ke Banten pada November 2023.

Prosesi Kirab Pemilu 2024 di Tulangbawang Barat dilaksanakan secara langsung dan dihadiri oleh unsur Forkopimda, perwakilan KPU Lampung, Ketua KPU Tulangbawang Barat dan Mesuji, Kepala OPD terkait, serta tamu undangan dari partai politik di Tulangbawang Barat.

Dengan sinergi dari berbagai pihak, diharapkan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan sukses dan mencerminkan semangat demokrasi yang beradab, menjunjung tinggi integritas, dan menghargai hak pilih seluruh rakyat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *