BERITA

Inovasi Mahasiswa IIB Darmajaya: VR Museum Lampung Memukau di Pameran Teknologi TI 2024

5
×

Inovasi Mahasiswa IIB Darmajaya: VR Museum Lampung Memukau di Pameran Teknologi TI 2024

Sebarkan artikel ini
VR Museum Lampung, Inovasi Mahasiswa IIB Darmajaya di Pameran Teknologi TI 2024
VR Museum Lampung, Inovasi Mahasiswa IIB Darmajaya di Pameran Teknologi TI 2024

Media90 – Virtual Reality (VR) Museum Lampung, sebuah aplikasi inovatif yang dirancang oleh M. Murtadha Azzam, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, telah mencuri perhatian di Pameran Teknologi TI 2024.

Acara yang berlangsung dari 27 hingga 31 Agustus 2024 di Gedung F IIB Darmajaya ini menampilkan berbagai karya kreatif dari mahasiswa program studi tersebut.

VR Museum Lampung adalah aplikasi berbasis virtual reality yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi peninggalan budaya dan sejarah Provinsi Lampung dalam lingkungan virtual yang imersif.

Azzam menjelaskan bahwa ide di balik aplikasi ini muncul dari keinginannya untuk memperkenalkan dan melestarikan warisan budaya Lampung dengan cara yang menarik dan modern.

Baca Juga:  Penjaga Sekolah Tanggamus Diringkus Polisi Saat Merekam Wanita Mandi di Semak

“Saya berharap VR Museum Lampung bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang belum sempat mengunjungi Museum Lampung secara langsung karena jarak. Dengan aplikasi ini, mereka tetap dapat merasakan keindahan dan kekayaan budaya dari museum,” ungkap Azzam.

Dia menambahkan bahwa VR Museum Lampung bertujuan untuk menarik minat pengunjung dari luar Lampung, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan meluaskan daya tarik budaya museum.

“Pengguna dapat merasakan sensasi seolah-olah berada di dalam museum, berjalan di antara artefak, dan mempelajari cerita di balik setiap peninggalan budaya melalui pengalaman virtual ini,” jelasnya.

Dalam pengembangan proyek ini, Azzam memanfaatkan teknologi pemodelan 3D dan VR terkini, serta mengintegrasikannya dengan informasi sejarah yang akurat dari berbagai sumber terpercaya.

Baca Juga:  Ini Dia Sapi Kurban Raksasa Berbobot 900 Kg, Dimiliki oleh Peternak Metro dan Akan Dibeli oleh Presiden Jokowi untuk Disembelih di Mesuji

“Salah satu tantangan terbesar adalah menciptakan lingkungan virtual yang realistis dan interaktif sehingga pengguna dapat merasakan sensasi yang mendekati pengalaman nyata,” tambahnya.

Ketua Program Studi Teknik Informatika, Dr. Chairani, S.Kom., M.Eng., menyatakan bahwa Pameran Teknologi TI 2024 merupakan ajang untuk menampilkan kreativitas dan inovasi mahasiswa yang baru saja menyelesaikan sidang skripsi mereka.

“Pameran ini bertujuan untuk menjadi inspirasi dan motivasi bagi pengunjung untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang teknologi informasi,” ujarnya.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik bergabung dengan IIB Darmajaya, informasi pendaftaran dapat diakses melalui laman pmb.darmajaya.ac.id atau menghubungi narahubung di 08117972244 atau 082306097566 selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *