BERITA

IIB Darmajaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kembangkan Pembelajaran Inovatif dengan PBL dan CBL

16
×

IIB Darmajaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kembangkan Pembelajaran Inovatif dengan PBL dan CBL

Sebarkan artikel ini
Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya Dorong Pembelajaran Inovatif melalui PBL dan CBL
Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya Dorong Pembelajaran Inovatif melalui PBL dan CBL

Media90 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan Workshop Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL) pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Kegiatan ini berlangsung di lantai 2 Gedung Pascasarjana IIB Darmajaya dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Prof. Rindu Rika Gamayuni, S.E., M.Si., Akt., dan Dr. Nova Mardiana, S.E., M.M. Acara ini dipandu oleh moderator Dr. Novita Sari, S.E., M.M.

Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa PBL dan CBL bukanlah konsep baru dalam dunia pendidikan.

“Penerapan metode ini telah lama dilakukan oleh perguruan tinggi di luar negeri, di mana mahasiswa diberikan kasus untuk diselesaikan, sementara dosen berperan sebagai fasilitator,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari laman resmi IIB Darmajaya.

Baca Juga:  Kepada Alumni IPDN: Gubernur Lampung Mengajukan Tantangan - Lestarikan Kejayaan Lampung, Berkilau dengan Prestasi!

Lebih lanjut, Rektor Abdul Aziz menjelaskan bahwa metode PBL memungkinkan mahasiswa untuk melakukan eksplorasi dan sintesis dalam menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

“Saat ini, banyak perguruan tinggi yang berupaya meraih akreditasi internasional melalui implementasi pembelajaran berbasis PBL dan CBL,” tambahnya.

Beliau juga berharap agar para pendidik tidak lagi hanya menerapkan metode perkuliahan konvensional berbasis ceramah.

“Saya berharap workshop ini memberikan wawasan baru bagi para dosen dalam menyampaikan materi kuliah yang lebih menarik bagi mahasiswa,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Nova Mardiana menjelaskan bahwa penerapan metode pembelajaran di Harvard University telah menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia usaha dan industri.

“Setiap perkuliahan di Harvard selalu melibatkan penelitian dan pengabdian, yang telah lama diterapkan di sana,” katanya.

Baca Juga:  Rektor IIB Darmajaya Memperoleh Kunjungan Menarik dari HMI Cabang Kota Bandar Lampung

Menurut Dr. Nova, mahasiswa yang belajar dengan metode PBL dan CBL akan menjadi lulusan yang siap kerja.

“Penerapan PBL dan CBL mempersiapkan mahasiswa untuk mengerjakan proyek dan menyelesaikan kasus dalam setiap mata kuliah, baik secara berkelompok maupun mandiri,” jelasnya.

Prof. Rindu Rika Gamayuni juga menambahkan bahwa PBL dan CBL membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. “Dengan demikian, lulusan akan lebih mudah terserap di dunia industri,” ucapnya.

Workshop ini dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya. Turut hadir dalam pembukaan acara, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M., dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Anik Irawati, S.E., M.Sc.

Baca Juga:  Danbrigif 4 Mar/BS Kunjungi Universitas Teknokrat Indonesia, Beri Apresiasi kepada Rektor

Bagi calon mahasiswa baru yang tertarik untuk bergabung dengan IIB Darmajaya, pendaftaran dapat dilakukan melalui laman pmb.darmajaya.ac.id atau dengan menghubungi narahubung selama 24 jam di nomor 08117972244 atau 082306097566.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *