BERITA

Formasi CPNS 2024 yang Banyak Dibutuhkan untuk Lulusan SMA Sederajat, Segera Daftar!

18
×

Formasi CPNS 2024 yang Banyak Dibutuhkan untuk Lulusan SMA Sederajat, Segera Daftar!

Sebarkan artikel ini
Ini Daftar Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA Sederajat yang Banyak Dibutuhkan, Silahkan Daftar
Ini Daftar Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA Sederajat yang Banyak Dibutuhkan, Silahkan Daftar

Media90 – Pemerintah kembali membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat untuk mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui seleksi CPNS 2024.

Ini merupakan peluang emas bagi putra-putri terbaik bangsa untuk berkarier di sektor pemerintahan, meskipun persyaratan umum PNS biasanya lebih mengutamakan lulusan perguruan tinggi.

Namun, beberapa instansi pemerintah, terutama di daerah, sering membuka formasi khusus bagi lulusan SMA sederajat.

Berikut adalah beberapa formasi yang bisa dilamar oleh lulusan SMA dan sederajat:

  1. Pengelola Penanganan Perkara, Kejaksaan RI: Bertugas menyiapkan bahan dan mengelola administrasi penanganan di bidang pidana, intelijen, penyelenggara penegakan hukum, perdata, TUN, serta tindak pidana militer.
  2. Penjaga Tahanan, Kejaksaan RI: Menjaga, membina, mengawal, dan mengelola tahanan. Formasi ini dibuka untuk lulusan SMA dan sederajat.
  3. Pengadministrasi Rekam Medis dan Informasi, Badan Intelijen Negara (BIN): Bekerja di Pusat Intelijen Medik BIN. Lulusan SMA dan sederajat dapat mendaftar.
  4. Asisten Penata Kelola Intelijen, BIN: Memberikan dukungan teknis penyelenggaraan intelijen sesuai bidang tugas. Formasi ini terbuka bagi lulusan SMA/sederajat.
  5. Penjaga Tahanan, Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM): Bertugas menjaga tahanan. Usia pelamar 18-28 tahun, lulusan SMA sederajat.
  6. Pemula-Kataloger, Kementerian Pertahanan (Kemenhan): Bertugas melakukan kegiatan kodifikasi materiil sistem National Stock Number (NSN). Lulusan SMA/sederajat dapat melamar.
  7. Operator Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR): Mengoperasikan dan memelihara infrastruktur sumber daya air. Dibuka untuk lulusan SMA jurusan IPA atau SMK jurusan teknik.
  8. Penilik Jalan, Kementerian PUPR: Mengamati dan memanfaatkan jalan serta kondisi jalan setiap hari. Formasi ini terbuka bagi lulusan SMA jurusan IPA dan SMK jurusan teknik.
  9. Operator Alat Berat, Kementerian PUPR: Bertugas memeriksa kelengkapan dan mengoperasikan alat berat. Formasi ini untuk lulusan SMA/sederajat.
  10. Operator Layanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes): Bertugas mengoperasikan layanan teknis kesehatan. Lulusan SLTA dan sederajat dapat melamar.
  11. Polisi Khusus Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek): Patroli di kawasan cagar budaya, memeriksa dokumen, dan menerima laporan tindak pidana. Formasi ini terbuka untuk lulusan SMA/sederajat.
  12. Penata Pameran, Kemendikbudristek: Mengoptimalkan peran museum sebagai komunikator benda koleksi. Formasi ini terbuka untuk lulusan jurusan teknik bangunan, desain grafis, dan multimedia.
  13. Personel Operasional Bandar Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub): Bertugas memeriksa pergerakan penerbangan dan menyusun rencana penerbangan. Terbuka untuk lulusan SMA dan SMK jurusan teknik mesin, listrik, mekanika, teknik sipil, penerbangan, teknik industri, elektronika, dan komputer.
  14. Pengawas Salvage dan Pekerjaan di Bawah Air, Kemenhub: Bertugas memberikan pertolongan pada kapal serta muatan yang mengalami kecelakaan. Lulusan SMA/sederajat dapat melamar.
  15. Teknisi Menara Suar, Kemenhub: Bertugas mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran dengan memastikan cahaya menara suar tetap aktif. Formasi ini terbuka bagi lulusan SMA/sederajat.
Baca Juga:  Mahasiswa Polinela Siapkan Diri dalam Bimtek Program Kartu Petani Berjaya

Formasi-formasi tersebut memberikan peluang bagi lulusan SMA sederajat untuk berkarier di sektor pemerintahan dan menjadi bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara.

Segera persiapkan diri dan daftar dalam seleksi CPNS 2024!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *