BERITA

Dosen dan Mahasiswa Darmajaya Memperkenalkan Inovasi Kesehatan Mental Anak di PKMI Immanuel

14
×

Dosen dan Mahasiswa Darmajaya Memperkenalkan Inovasi Kesehatan Mental Anak di PKMI Immanuel

Sebarkan artikel ini
Dosen dan Mahasiswa Darmajaya Luncurkan Solusi Kesehatan Mental Anak di PKMI Immanuel
Dosen dan Mahasiswa Darmajaya Luncurkan Solusi Kesehatan Mental Anak di PKMI Immanuel

Media90 – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali memperkuat posisinya sebagai pusat kegiatan ilmiah dengan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Validasi dan Sosialisasi Rencana Luncurkan Sistem Pakar Kesehatan Mental Anak dengan Perbandingan Akurasi Strengths and Difficulties Questionnaire Menggunakan Kombinasi Metode Forward Chaining dan Certainty Factor.”

Acara ini berlangsung di PKMI Immanuel Bandar Lampung pada Jumat, 11 Oktober 2024, dan merupakan bagian dari penelitian tesis magister yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2024.

Dipimpin oleh Dr. Chairani, S.Kom., M.Eng., dosen program studi Teknik Informatika, FGD ini dihadiri oleh berbagai pihak yang peduli terhadap kesehatan mental anak.

Dalam presentasinya, Dr. Chairani menjelaskan bahwa perangkat lunak yang sedang dikembangkan bertujuan untuk membantu mendiagnosis masalah kesehatan mental anak dengan lebih efisien dan akurat.

Baca Juga:  Transformasi Kurikulum Berbasis OBE: Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya Siap Mendominasi dengan Bimtek RPS

“Perangkat ini menggabungkan akurasi dari Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) dengan metode forward chaining dan certainty factor,” ungkapnya, seperti dikutip dari Darmajaya.

Thomas Ryantama, S.Kom, mahasiswa penerima beasiswa di program studi Magister Teknik Informatika dan anggota tim peneliti, menyoroti pentingnya kedua metode tersebut dalam meningkatkan keandalan perangkat lunak.

“Metode ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik, berbasiskan fakta dan data. Kami ingin memastikan bahwa perangkat ini bukan hanya sekadar alat, tetapi juga menjadi teman bagi anak-anak dalam memahami dan mengatasi perasaan mereka,” harapnya.

Penelitian ini juga terlaksana berkat kerja sama dengan Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung, Moch Johan Pratama, M.Psi., Psikolog.

Baca Juga:  Perubahan Di Jajaran Kepolisian Lampung Selatan: Rotasi Kapolsek di Natar, Jati Agung, Candipuro, Sidomulyo, Penengahan, dan Ka KPSP Bakauheni Polres Lampung Selatan

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi kesehatan mental anak, terutama dalam konteks pendidikan.

Diskusi interaktif yang berlangsung selama FGD memungkinkan peserta untuk memberikan berbagai masukan dan validasi yang akan digunakan untuk menyempurnakan perangkat lunak sebelum diimplementasikan secara resmi di sekolah.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala SD Immanuel, Endah Larasati, S.Pd; Kepala SMP Immanuel, Aju Mulia Ruthaspati, S.H.; Kepala SMA Immanuel, Markus Sampe Bangun, S.Pd; Promosi Kesehatan (PKRS) Rumah Sakit Imanuel, Elen Mariani, S.St., M.Kes; serta Pimpinan Perguruan Kristen Methodist Immanuel Bandar Lampung, Pdt. Eirene Marheni Laluba, S.Th., M.A.

Kepala SD Immanuel, Endah Larasati, S.Pd, mengapresiasi penelitian ini. “Aplikasi ini sangat baik untuk mendeteksi lebih awal sehingga dapat ditangani lebih baik untuk kesehatan mental anak. Guru dan orang tua harus tanggap dengan kondisi anak,” ungkapnya.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental anak, langkah inovatif ini menjadi harapan baru bagi dunia pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Baca Juga:  Pesan Rocky Gerung untuk Generasi Muda Lampung: Menghadapi Tantangan Demokrasi di IIB Darmajaya

Diharapkan, perangkat lunak ini tidak hanya mampu melakukan diagnosa, tetapi juga memberikan rekomendasi penanganan yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak di tanah air.

Bagi yang tertarik, pendaftaran mahasiswa baru di IIB Darmajaya dapat langsung dilakukan melalui laman pmb.darmajaya.ac.id atau menghubungi narahubung selama 24 jam di nomor 08117972244 atau 082306097566.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *