BERITA

DKPP RI Hukum Pecat Fery Triatmojo dari KPU Bandar Lampung karena Pelanggaran Kode Etik

4
×

DKPP RI Hukum Pecat Fery Triatmojo dari KPU Bandar Lampung karena Pelanggaran Kode Etik

Sebarkan artikel ini
Langgar Kode Etik, DKPP RI Pecat Fery Triatmojo dari Anggota KPU Bandar Lampung
Langgar Kode Etik, DKPP RI Pecat Fery Triatmojo dari Anggota KPU Bandar Lampung

Media90 – Fery Triatmojo, anggota KPU Bandar Lampung, diberhentikan secara tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI akibat pelanggaran kode etik.

Keputusan ini diumumkan oleh Ketua DKPP RI, Heddy Lugito, dalam sidang yang berlangsung di Kantor DKPP RI, Jakarta, pada Senin (2/9/2024).

Heddy Lugito menjelaskan bahwa pemberhentian tetap terhadap Fery Triatmojo adalah hasil pertimbangan mendalam mengenai pelanggaran etik yang dilakukannya.

“Dengan ini kami menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Fery Triatmojo sebagai anggota KPU Bandar Lampung mulai hari ini,” ujar Heddy Lugito.

Menurut DKPP, Fery Triatmojo terbukti melanggar kode etik dengan menjalin komunikasi dan membuat komitmen dengan peserta Pemilu atau pihak berkepentingan dalam kontestasi Pemilu.

Baca Juga:  Delapan Calon Gubernur dan Empat Calon Wakil Gubernur Lampung Bersaing Mendapatkan Rekomendasi Dukungan dari PDIP Setelah Pendaftaran Ditutup

Hal ini terungkap dari rekaman suara berdurasi 24 menit 35 detik yang menunjukkan adanya pelanggaran yang tidak sesuai dengan hukum dan etika penyelenggara Pemilu.

DKPP menganggap bahwa laporan pengadu sesuai dengan alat bukti yang ada, termasuk rekaman suara dan keterangan dari beberapa saksi, serta kajian dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu Lampung.

Fery Triatmojo dinyatakan melanggar Pasal 6 ayat 2 huruf B dan C serta Pasal 6 ayat 3 huruf C dan E tentang kode etik penyelenggara Pemilu.

Sebelumnya, Fery Triatmojo dilaporkan ke DKPP karena diduga menerima uang sebesar Rp530 juta dari M. Erwin Nasution, seorang calon legislatif DPRD Bandar Lampung dari PDIP.

Uang tersebut diduga diberikan untuk memastikan kemenangan Erwin dalam Pemilu 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *