BERITA

Angin Kencang Terjang Merbau Mataram: Puluhan Rumah Rusak pada Rabu Malam di Lampung Selatan

7
×

Angin Kencang Terjang Merbau Mataram: Puluhan Rumah Rusak pada Rabu Malam di Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Rabu Malam, Puluhan Rumah Warga di Merbau Mataram Lampung Selatan Rusak Diterjang Angin Kencang
Rabu Malam, Puluhan Rumah Warga di Merbau Mataram Lampung Selatan Rusak Diterjang Angin Kencang

Media90 – Puluhan rumah warga di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan, rusak parah akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Rabu malam (25/9/2024).

Angin kencang yang melanda wilayah tersebut menyebabkan kerusakan signifikan, terutama pada bagian atap rumah.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Damkarmat) Lampung Selatan, Rully Fikriansah, melaporkan bahwa sedikitnya 28 rumah warga mengalami kerusakan dengan kategori sedang hingga berat.

“Iya benar, pagi tadi kami mendapatkan laporan ada sejumlah rumah warga yang rusak karena angin puting beliung,” ujar Rully kepada Media90 pada Kamis (26/9/2024).

Menurut penjelasannya, hujan deras yang disertai petir dan angin kencang sudah terjadi sejak sore hingga malam hari di beberapa wilayah Lampung Selatan, dan desa Tanjung Harapan menjadi salah satu daerah yang paling terdampak.

Baca Juga:  Persoalan P3K, BPJS, dan Dana Hibah Disorot Banggar DPRD Lampung Selatan dan TAPD pada 2024

“Kami masih di lokasi membantu warga untuk evakuasi puing-puing rumah yang runtuh. Kami juga membantu membersihkan serta memasang genteng yang jatuh,” tambahnya.

Meskipun kerusakan material cukup besar, Rully memastikan bahwa tidak ada korban jiwa ataupun warga yang terluka dalam kejadian tersebut.

Saat ini, petugas dari Dinas Damkarmat bersama tim gabungan dari Koramil, Polsek, dan BPBD terus melakukan penanganan di lokasi.

Mereka secara bergotong royong membantu warga membersihkan sisa-sisa reruntuhan dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Selain itu, tim Damkarmat dan pihak terkait juga melakukan penyisiran ke sejumlah wilayah lain di Lampung Selatan untuk memastikan tidak ada daerah lain yang terdampak bencana serupa.

Baca Juga:  Tragedi Meninggalnya Siswa SPN Kemiling Polda Lampung Pasca Jatuh pada Apel Siang: Dugaan Keterkurasan Akibat Kelelahan

Upaya penanganan darurat masih terus dilakukan untuk membantu pemulihan di kawasan yang terdampak.

Warga setempat diimbau untuk tetap waspada, mengingat cuaca ekstrem diprediksi masih akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *