BERITA

634 Warga Binaan Lapas Narkotika Bandar Lampung Siap Berpartisipasi dalam Pilkada

4
×

634 Warga Binaan Lapas Narkotika Bandar Lampung Siap Berpartisipasi dalam Pilkada

Sebarkan artikel ini
Pilkada, 634 Warga Binaan Lapas Narkotika Bandar Lampung Terdaftar Jadi Pemilih
Pilkada, 634 Warga Binaan Lapas Narkotika Bandar Lampung Terdaftar Jadi Pemilih

Media90 – Sebanyak 634 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung resmi terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kalapas Narkotika Bandar Lampung, Ade Kusmanto, menjelaskan bahwa penetapan jumlah DPT ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui rapat pleno yang diadakan beberapa waktu lalu.

“Dari hasil rapat pleno tersebut, jumlah warga binaan yang terdaftar sebagai DPT diputuskan sebanyak 634 orang,” kata Ade di Bandar Lampung, Sabtu (28/9/2024).

Meskipun jumlah tersebut sudah ditetapkan, Ade menambahkan bahwa pihak Lapas masih terus melakukan verifikasi dan penyesuaian DPT.

Hal ini karena adanya dinamika pergerakan warga binaan, baik yang telah bebas maupun yang baru masuk ke Lapas.

Baca Juga:  PLN Gaspol! Kejar Pembangunan 13 Titik SPKLU di Ruas Tol Lampung, Berikan Ketenangan bagi Pemudik Kendaraan Listrik

“Kami masih terus mencocokkan jumlah DPT karena ada warga binaan yang bebas atau yang baru masuk. Proses ini mungkin akan selesai H-7, dan setelah itu kami tidak akan menerima lagi warga binaan yang masuk atau pindahan hingga pelaksanaan Pilkada,” jelasnya.

Sementara itu, Kesi Binadik Lapas Narkotika, Affan Sulistyono, memberikan keterangan lebih lanjut mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada di dalam Lapas.

Menurut Affan, pihak Lapas telah menyediakan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus, yaitu TPS 901 dan TPS 902, dengan total 14 petugas yang akan bertugas pada hari pemungutan suara.

“Setiap TPS akan dibantu oleh tujuh petugas, ditambah masing-masing dua petugas pengamanan Linmas, sehingga total ada 18 petugas di setiap TPS,” kata Affan.

Dalam kesempatan tersebut, Affan juga mengimbau kepada seluruh warga binaan agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:  Polda Lampung Klarifikasi Video Viral Ikan Mati di Pantai Klara: Hoaks dan Tidak Berkaitan dengan Gempa Megathrust Tahun Lalu

“Kami berharap seluruh warga binaan yang telah terdaftar dalam DPT menggunakan hak pilih mereka dengan baik dan bertanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan keamanan di seluruh Provinsi Lampung berdasarkan jumlah TPS yang ditetapkan oleh KPU, yakni sebanyak 13.277 TPS.

Pengamanan akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan di setiap lokasi, mulai dari kategori kurang rawan, rawan, sangat rawan, hingga lokasi khusus dan terpencil.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar, termasuk di lingkungan Lapas Narkotika Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *